Hadits Nabi

"Barang Siapa Menunjukan Kepada Kebenaran Maka Baginya Pahala Seperti Pahala Pelakunya, Tanpa Mengurangi Pahala Sedikitpun Darinya."

Selasa, 04 Oktober 2016

Balaghoh (2), KALAM KHABAR


KALAM KHABAR 
كلُّ كلامٍ فهوَ إمَّا خبرٌ أوْ إِنشاءٌ.
Setiap kalam/perkataan yaitu baik ada yang disebut kalam khabar atau kalam insya’.

والخبرُ ما يَصِحُّ أنْ يُقالَ لقائلِه: إنَّهُ صادقٌ فيهِ أوْ كاذِبٌ، كسافرَ محمَّدٌ وعليٌّ مُقِيمٌ
Kalam khabar adalah setiap perkataan yang shah/patut dikatakan kepada orang yg mengatakannya : bahwa dia itu benar atau dia itu bohong. Contoh kalam: SAAFARO MUHAMMADUN “Muhammad telah pergi” dan ‘ALIYYUN MUQIIMUN “‘Ali adalah orang yang menetap”.

والإنشاءُ ما لا يَصِحُّ أنْ يُقالَ لقائلِه ذلكَ، كسافِرْ يا محمَّدُ أَقِمْ يا عليُّ
Sebaliknya kalam insya’ adalah setiap perkataan yang tidak patut dikatakan kepada yg mengatakannya: bahwa dia itu benar atau bohong. Contoh kalam : SAAFIR YAA MUHAMMADU “pergilah wahai Muhammad..!” dan AQIM YAA ‘ALIY “menetaplah wahai Ali..!”.

والمرادُ بصِدْقِ الخبَرِ مطابقتُه للواقعِ، وبكذِبِه عدمُ مطابقتِه له
Yang dimaksud dengan benarnya khabar adalah kecocokannya dengan kenyataan, sebaliknya kebohongan khabar adalah tidak adanya kecocokan dengan kenyataan.

فجملةُ عليٌّ مقيمٌ إنْ كانت النِّسبةُ المفهومةُ منها مطابِقةً لما في الخارجِ فصِدْقٌ، وإلاَّ فكَذِبٌ
Maka kalam ‘ALIYYUN MUQIIMUN jika penisbatan yang difahami dari perkataan tsb mencocoki dengan keadaan maka dikatakan shidq/benar, dan jika tidak maka dikatakan kadzib/bohong.

ولكلِّ جملةٍ رُكنانِ: محكومٌ عليه، ومحكومٌ به.
ويُسمَّى الأوَّلُ مسْنَدًا إليه، كالفاعلِ ونائبِه، والمبتدأِ الذي لهُ خَبَرٌ. ويُسمَّى الثاني مُسْنَدًا، كالفعْلِ والمبتدأِ المكتفي بمرفوعِه.
Tiap kalam terdapat dua rukun/unsur :
1. Mahkum ‘Alaih.
2. Mahkum Bih.
 Rukun yang pertama dinamakan Musnad Ilaih, seperti Faa’il, Naibul Faa’il, Mubtada yg mempunyai khobar. Rukun yg kedua dinamakan Musnad, seperti Fi’il, Mubtada yg cukup dengan faa’ilnya (masaddal khobar)

Pembahasan Kalam Khabar (Khobariyah)
الكلامُ على الخبرِ
Pembahasan Kalam Khobar
الخبرُ إمَّا أنْ يكونَ جملةً فِعْلِيَّةً أو اسْمِيَّةً
Kalam khobar itu baik berupa jumlah fi’liyah (fi’il+faa’il) atau jumlah ismiyah (mubtada’+khabar)

فالأُولى موضوعةٌ لإفادةِ الحدوثِ في زمنٍ مخصوصٍ، معَ الاختصارِ
وقدْ تُفيدُ الاستمرارَ التَّجدُّديَّ بالقرائنِ، إذا كان الفعْلُ مضارعًا، كقولِ طريفٍ
Kalam khobar jumlah Fi’liyah:
Diposisikan sebagai pemberi faidah kejadian pada masa tertentu beserta ringkas kalimatnya (tanpa adatuz-zaman).
Terkadang berfaidah “istimrar at-tajaddudi” (masa terus berlangsung berkali-kali) dengan adanya qorinah (hubungan), bilamana fi’ilnya berupa fi’il mudhari’. contoh syair oleh Tharif:

أَوَكلَّما وَرَدَتْ عُكَاظَ قبيلةٌ = بعثُوا إليَّ عَرِيفَهُمْ يتوَسَّمُ
Apakah telah datang, qaum yg setiap kali datang ke pasar ‘Ukazh mengutus kepercayaannya kepadaku sembari memberi tanda.

والثانيةُ موضوعةٌ لمجرَّدِ ثبوتِ المسنَدِ للمسنَدِ إليه، نحوُ: (الشمسُ مُضِيئَةٌ). وقدْ تُفيدُ الاستمرارَ بالقرائنِ إذا لمْ يكُنْ في خبرِها فِعْلٌ، نحوُ: (العلْمُ نافعٌ
Kalam khobar jumlah ismiyah:
Diposisikan hanya sendirinya menetapkan almusnad (hukum) kepada almusnad ilaih (yg diberi hukum). Contoh الشمسُ مُضِيئَةٌ ASYAMSU MUDHIIATUN matahari adalah yang bersinar terang benderang. Terkadang berfungsi “Istimrar” dengan adanya qorinah, bilamana khobarnya bukan berupa fi’il. Contoh AL-ILMU NAAFI’UN “ilmu itu bermanfaat”

والأصْلُ في الخبَرِ أنْ يُلْقَى لإفادةِ المخاطَبِ الحكْمَ الذي تَضمَّنَتْهُ الجملةُ، كما في قولِنا: (حَضَرَ الأميرُ)، أوْ لإفادةِ أنَّ المتكلِّمَ عالِمٌ به، نحوُ: (أنتَ حَضَرْتَ أمسِ). ويُسَمَّى الحكْمُ فائدةَ الخبَرِ، وكونُ المتكلِّمِ عالِمًا بهِ لازِمَ الفائدةِ.
Asal khabar digunakan untuk menfaidahkan suatu hukum -yg mencakup berbentuk jumlah- kepada mukhatab. Contoh kita berkata: HADHARA AL-AMIR “penguasa itu telah hadir”.
Atau menfaidahkan bahwa mutakallim telah tahu. Contoh ANTA HADHARAT AMSI “kamu telah hadir kemarin”.

Hukum yg pertama dinamakan faidahnya khobar (fa’idatul khobar). Sedangkan hukum yang kedua bahwa mutakallim mengetahuinya, dinamakan tetapnya faidah (lazimul-faa’idah)

Beberapa Tujuan Khobar:
وقدْ يُلْقَى الخبَرُ لأغراضٍ أُخرى
Dan terkadang kalam khobar itu disampaikan untuk tujuan-tujuan lain. (selain dua tujuan khobar yg telah disebutkan pada pelajaran lalu: FAAIDATUL KHOBAR dan LAAZIMUL KHOBAR)

كالاسترحامِ في قولِ موسى عليهِ السلامُ رَبِّي إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ
HARAP BELAS KASIH, contoh dalam perkataan nabi musa as : ROBBI, INNIY LIMAA ANZALTA ILAYYA MIN KHOIRIN FAQIIRUN ” Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.

وإظهارِ الضَّعْفِ في قولِ زكريَّا عليهِ السلامُ رَبِّي إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي
MENAMPAKKAN KELEMAHAN DIRI, contoh perkataan Nabi Zakaria as. “ROBBIY INNI WAHANAL-’AZHMU MINNIY” Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah.

وإظهارِ التحَسُّرِ في قولِ امرأةِ عِمرانَ رَبِّي إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَى وَاللَّهُ أَعْلَم بِمَا وَضَعَتْ
MENAMPAKKAN PENYESALAN, contoh perkataan Istri Imran. “ROBBIY INNI WADHO’TU HAA UNTSA WALLAAHI A’LAMU BIMAA WADHA’AT” “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu

وإظهارِ الفرَحِ بمقْبِلٍ، والشماتَةِ بمُدْبِرٍ في قولِكَ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَق البَاطِلُ
MENAMPAKKAN KEGEMBIRAAN MASA DATANG DAN MENCIBIR MASA LALU, contoh perkataanmu. “JAA-AL-HAQQ WAZAHAQOL-BAATHIL” “Yang haq telah datang dan yang batil telah sirna.

وإظهارِ السرورِ في قولِكَ أَخَذْتُ جَائِزَةَ التَّقَدُّمِ لِمَنْ يَعلمُ ذلكَ
MENAMPAKKAN KEGEMBIRAAN, contoh perkataanmu. “AKHODZTU JAAIZATAL-TAQODDUM” aku memperoleh hadiah kemenangan. Bila dikatakan pada orang yg telah mengetahui hal tsb.

والتوبيخِ في قولِكَ للعاثِرِ الشمسُ طالعةٌ
TEGURAN/CEMOHAN, contoh perkataanmu pada orang yg tergelincir. “ASY-SYAMSU THOLI’ATUN” matahari terbit koq.

MACAM-MACAM PENYAMPAIAN KHOBAR


حيثُ كانَ قصْدُ المخبِرِ بخبرِه إفادةَ المخاطَبِ يَنبغي أنْ يَقْتَصِرَ من الكلامِ على قَدْرِ الحاجةِ؛ حَذَرًا من اللَّغْوِ
dari segi maksud sang mukhbir dalam menyampaikan khobarnya untuk memberi faidah kepada mukhotob. Yaitu seyogyanya harus meringkas perkataan menurut keperluan saja, untuk menjaga dari kesalahan atau keluputan.

فإنْ كانَ المخاطَبُ خاليَ الذِّهْنِ من الحكْمِ أُلْقِيَ إليه الخبَرُ مُجرَّدًا عن التأكيدِ، نحوُ: أخوكَ قادمٌ
Jika keadaan pendengar kosong dari pemikiran atau pengetahuan tentang suatu hukum, maka sebaiknya khobar disampaikan padanya apa adanya tanpa pengokohan atau taukid. Contoh AKHUUKA QAADIMUN “saudaramu datang”.

وإنَ كانَ متردِّدًا فيه، طالبًا لمعرفتِه، حَسُنَ توكيدُه، نحوُ: (إنَّ أخاكَ قادمٌ). وإنْ كانَ منكِرًا وَجَبَ توكيدُه بمؤكِّدٍ أوْ مؤكِّدَيْنِ أوْ أكثرَ، حسَبَ درجةِ الإنكارِ، نحوُ: (إنَّ أخاكَ قادمٌ)، أوْ (إنَّهُ لَقادِمٌ)، أوْ (واللَّهِ إنَّهُ لَقادِمٌ).
Jika keadaannya ragu-ragu dalam suatu hukum seraya menuntut mengetahui kebenarannya, maka yang terbaik mengokohkannya/memberi taukid. Contoh: INNA AKHOOKA QOODIMUN “sesungguhnya saudaramu datang”. Dan jika keadaan pendengar terasa ingkar, maka wajib memberi taukid dengan satu taukid, dua atau lebih, tergantung derajat keingkarannya.
Contoh:
1. INNA AKHOOKA QOODIMUN (satu taukid “INNA”) atau
2. INNAHU LA QOODIMUN (dua taukid “INNA” + “LA”) atau
3. WALLAAHI INNAHU LA QOODIMUN (tiga taukid “QOSAM” + “INNA” + “LA” )
فالخبَرُ بالنِّسبةِ لِخُلوِّه من التوكيدِ واشتمالِه عليهِ ثلاثةُ أضْرُبٍ كما رأيتَ. ويُسَمَّى الضَّرْبُ الأوَّلُ ابتدائيًّا، والثاني طَلَبيًّا، والثالثُ إِنْكاريًّا.
Maka khobar bin-nisbah (penisbatan suatu hukum) yang kosong dari taukid maupun yang mencakup taukid, yaitu ada tiga macam pembagian dari apa yang telah kamu ketahui di depan. Pembagian pertama (tanpa taukid) disebut khobar IBTIDAIY (karena mukhotob sebagai orang pertama tanpa didahului penuntuan atau pengingkaran). Pembagian kedua (sebaiknya diberi taukid atas keraguan atau penuntuan mukhotob) disebut khobar THOLABIY. Dan pembagian yang ketiga (wajib dg satu taukid atau lebih) disebut khobar INKARIY (ada kemungkinan pengingkaran pada diri mukhotob atau pada khobar itu sendiri)

ويكونُ التوكيدُ بـ (إنَّ)، و(أنَّ)، ولامِ الابتداءِ، وأحرُفِ التنبيهِ، والقسَمِ، ونُونَي التوكيدِ، والحروفِ الزائدةِ، والتكريرِ، و(قدْ)، و(أمَّا) الشرطيَّةِ.
Maka berhasil taukid yaitu dengan INNA maupun ANNA, LAM ibtida’, huruf tanbih (semisal AMAA, ALAA), Qosam, Nun Taukid, Huruf Zaidah, Takrir/pengulangan (contoh firman Allah: WAJA’ALNAA NAUMAKUM SUBAATAA, WAJA’ALNAA-LLAILA LIBAASAA, WAJA’ALNAA-NNAHAARO MA’AASYAA), Qod, AMMA Assyarthiyah.
(demikian termasuk diantara adat taukid jumlah ismiyah, yaitu pentaukidan khitob dengan jumlah fi’liyah diantaranya taqdiimul-faa’il al-ma’nawiy (mengedepankan faa’il maknanya) contoh: AL-AMIIR HADHORO, dengan INNAMA contoh INNAMA ZAIDUN QOOIMUN, dengan DHAMIR FASHL contoh: ZAIDUN HUWA QOO

Kunjungi Juga: Balaghoh (3) FASHOHAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Admin

Foto saya
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia